Mengenal 12 Komponen Rem Cakram Mobil

icon 28 March 2023
icon Admin

Dua belas komponen rem cakram mobil adalah bagian yang penting bagi mobil. Tanpa adanya komponen-komponen tersebut, maka Anda akan kesulitan dalam menghentikan mobil. 

Bahkan gangguan pada satu komponen saja, bisa berakibat fatal bagi pengendara. Maka dari itu, kali ini akan dibahas kedua belas komponen tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengenalnya dan paham bila ada masalah.

Komponen Rem Cakram Mobil

Jadi, apa saja komponen penyusun rem cakram pada mobil? Berikut diantaranya:

        1. Pedal

Anda pasti tahu apa itu pedal, bukan? Ya, pedal adalah komponen yang menjadi awal pengereman sehingga bisa terjadi. Hanya dengan menginjaknya sekali, maka mobil pun bisa berhenti. 

        2. Piston Brake

Piston brake mempunyai tugas penting pada rem cakram mobil, yaitu menekan kampas rem ke piringan cakram itu sendiri. Salah satu ujung dari komponen ini berbentuk lekukan.

Fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan karet untuk melindungi dari debu. Piston brake berada di dalam caliper.

        3. Seal Piston

Seal piston merupakan bagian paling penting dalam piston brake. Fungsi dari komponen ini adalah menarik piston lagi setelah mengerem agar bisa kembali ke posisi semula. 

Tak hanya itu saja, seal piston juga berfungsi sebagai penutup aliran minyak dari sistem hidrolik saat pengereman terjadi.

        4. Caliper

Caliper juga merupakan komponen penting pada rem cakram mobil. Fungsinya adalah sebagai penghimpit antara kampas rem dengan piringan. Selain itu, komponen ini juga menjadi penyangga kampas rem pada piston. 

Caliper bisa bekerja karena ada tekanan dari minyak rem. Ada dua caliper, yaitu fixed caliper yang menyatu dengan komponen lain dan floating caliper yang bisa bergerak bebas.

        5. Caliper Bracket

Komponen rem cakram mobil yang satu ini adalah sebagai tempat dudukan dari caliper. Dengan begitu, ia dapat menahan posisinya agar berada di tempat yang sama. Caliper bracket ini pun bisa langsung terhubung dengan steering knuckle.

        6. Kampas Rem

Kampas rem adalah komponen yang sering disebutkan. Fungsinya adalah menekan cakram. Dengan demikian, putaran cakram akan berhenti hingga laju mobil juga ikut berhenti karena adanya gaya gesek yang kuat.

        7. Booster

Booster berfungsi untuk mengurangi atau menambah daya pengereman mobil. Komponen rem ini langsung tersambung dengan master silinder dan intake manifold.

        8. Piringan Cakram Rem

Seperti namanya, komponen ini berbentuk piringan pipih bulat dan berada di dekat poros dari roda mobil. Fungsinya adalah menerima tekanan kampas rem hingga dapat menghentikan putaran roda dan laju mobil. 

Ada dua jenis piringan cakram, yaitu ventilated disc yang berongga dan solid disc yang sangat tebal.

        9. Selang Hidrolik

Komponen inilah yang bertanggung jawab dalam sistem hidrolik pengereman. Fungsinya untuk menyalurkan minyak rem ke kaliper sehingga bisa menekan kampas rem ke piringan.

        10. Master Silinder

Master silinder adalah penentu kinerja pengereman. Fungsinya adalah sebagai pengubah tekanan pedal menjadi tekanan pada minyak rem. 

Ada dua macam master silinder, yaitu tandem yang mempunyai piston dan outlet hose dua buah serta tunggal yang hanya memiliki satu komponen-komponen itu.

        11. Tangki Minyak Rem

Sesuai namanya, tangki minyak rem berfungsi sebagai wadah dari cadangan minyak rem. Komponen ini menjadi satu dengan master silinder.

        12. Minyak Rem

Minyak rem berfungsi sebagai penggerak rem cakram. Sistem hidrolik pengereman dari caliper ke kampas rem bisa terjadi berkat adanya minyak rem.

Itulah berbagai komponen rem cakram mobil. Semoga dapat membantu dalam memahami mobil Anda lebih jauh. Kenali komponen-komponen lainnya pada kendaraan Anda dengan mengunjungi website https://suzukiarindo.co.id/.