Berita

    Featured Image

    Cara Merawat Rangka Mobil yang Sering Terkena Air dan Lumpur

    Ternyata merawat rangka mobil sama pentingnya dengan merawat komponen vital lainnya. Terlebih jika Anda sering berkendara di jalan tergenang air dan lumpur. Rangka kendaraan atau yang dikenal juga sasis mobil penting untuk rutin dirawat.

    Alasannya, agar mobil Anda tetap beroperasi dengan optimal dan mencegah munculnya karat pada bagian rangka karena sering terkena air. Dalam pembahasan kali ini, Anda akan mendapatkan cara dan tips merawat rangka kendaraan. Yuk disimak!

    6 Cara Efektif Merawat Rangka Mobil

    Merawat bagian sasis mobil sebenarnya gampang-gampang sulit. Anda hanya perlu melakukan perawatan berkala dan jangan malas untuk memerhatikan komponen satu ini. Inilah 6 cara efektif apabila Anda ingin merawat bagian rangka, yaitu:

    • Bersihkan Rangka dengan Teratur

    Saat Anda memiliki mobil, perhatikan rangka kendaraan dengan membersihkannya dengan teratur. Hal ini tak hanya berlaku ketika mobil Anda terkena genangan air atau lumpur. Pada kondisi jalanan kering, ada baiknya jika Anda juga rutin bersihkan komponen ini.

    Hal ini bertujuan agar debu, kotoran dan partikel yang ada di jalan tidak menempel di rangka dan menyebabkan korosi akibat menumpuknya kotoran. Untuk langkah pertama, Anda bisa bersihkan bagian rangka dengan air bersih & sikat kecil.

    • Berikan Perlindungan Cat untuk Rangka

    Untuk perawatan yang lebih, Anda bisa memberikan perlindungan pada bagian rangka dengan cara mengecatnya dengan cat khusus. Tujuan dari memberikan perlindungan cat rangka adalah agar bagian logam terbebas dari elemen seperti air, debu dan bahan kimia.

    Namun, Anda bisa pastikan sebelum mengecat, bagian rangka harus bersih dan terbebas dari goresan. Jika terjadi goresan dan kerusakan, maka lakukan perbaikan segera mungkin.

    • Gunakan Lapisan Anti Karat

    Selain menggunakan cat pelindung rangka, Anda bisa menggunakan lapisan anti karat. Cara ini terbukti efektif untuk menghindari rangka dari korosi dan kotoran yang menempel. Pilihlah lapisan anti karat yang aman untuk bagian rangka/sasis mobil Anda.

    Pastikan produk tersebut adalah produk original yang dijual di tempat resmi dan direkomendasikan oleh produsen mobil. Jangan asal membeli lapisan anti karat, karena bisa berisiko merusak rangka kendaraan Anda lebih parah.

    • Cuci Mobil Sesaat Setelah Terkena Lumpur

    Cara termudah merawat rangka mobil setelah terkena air dan lumpur adalah mencucinya. Rutin mencuci mobil sesaat setelah terkena lumpur dapat menjaga rangka tetap awet dan terhindar dari karat karena lembab.

    Pastikan Anda menggunakan cairan khusus pencuci mobil dan menyikat celah-celah rangka agar kotoran hilang semua. Jika di wilayah Anda sering hujan, lakukan pencucian mobil minimal seminggu sekali.

    • Rutin Periksa Baut yang Karatan

    Rangka setiap mobil terdiri dari komponen baut dan mur. Dua komponen ini juga wajib Anda periksa dan rawat secara berkala. Tujuannya, agar baut dan mur tidak karatan dan agar bagian rangka tetap kokoh secara struktur.

    Selain memeriksa apakah baut atau mur karatan atau tidak, penting rasanya untuk memeriksa kekuatan mur dan baut. Mur yang longgar akan mengganggu kinerja rangka pada mobil.

    • Perhatikan Kolong Mobil Secara Berkala

    Jika Anda berada pada wilayah yang rentan hujan dan jalanan berlumpur, maka salah satu bagian yang wajib Anda perhatikan secara rutin adalah kolong mobil. Bersihkan seluruh kolong mobil, maka dijamin rangka akan terjaga dan terawat dengan baik.

    Sebaliknya, jika Anda abai dengan bagian kolong mobil, maka komponen seperti rangka, kaki-kaki mobil dan sebagainya perlahan akan mengalami kerusakan dan penurunan kinerja.