Berita

    Ketahui Komponen-komponen Mobil Hybrid dan Fungsinya

    Mobil hybrid adalah tipe mobil yang memakai 2 jenis sumber tenaga, bensin internal dan motor listrik. Komponen mobil hybrid juga tentunya berbeda dari jenis mobil lainnya. Lebih kompleks mengingat mobil ini menggunakan 2 sumber tenaga. 

    Mekanisme mobil hybrid ini memang bukan hal yang asing dan cukup banyak diterapkan saat ini. Mari cari tahu komponen apa saja yang digunakan di dalam mobil tersebut!

    Komponen Mobil Hybrid

    Setiap mobil pasti memiliki komponen tertentu yang mendukung performanya berjalan baik. Berikut ini adalah beberapa komponen yang membuat mobil hybrid bisa bekerja optimal:

    • Motor Listrik

    Mobil hybrid memiliki motor listrik di dalamnya. Motor listrik menjalankan fungsi sebagai penggerak roda mobil. Jadi roda tidak hanya bergerak karena ada pembakaran dalam mesin, melainkan karena motor listrik bekerja. 

    Pada sistem mesin pembakaran dalam, roda akan berputar mengandalkan tenaga bensin. Sementara itu untuk sistem motor listrik ini, roda akan berputar berkat adanya arus listrik dari baterai. 

    Baterai pada motor listrik ini nantinya akan disebut sebagai bahan bakar hybrid. Tentunya performa mobil hybrid akan dipengaruhi oleh tipe motor listrik yang digunakan. 

    • Internal Combustion Engine

    Disebut mobil hybrid karena memang tipe mobil ini menggunakan perpaduan 2 jenis penggerak. Selain motor listrik ada juga internal combustion engine atau mesin pembakaran dalam. 

    Mesin pembakaran dalam ini adalah komponen yang dari segi dan bentuk sebenarnya sama dengan mesin pada mobil bensin. Ada beberapa komponen yang terlibat dalam mesin ini yaitu cylinder head, piston, dan cylinder block

    Internal combustion engine didesain dengan baik agar bisa memberikan performa yang paling optimal. Fungsi utama dari komponen ini adalah memutar bagian roda mobil yang nantinya dipakai bergantian dengan komponen motor listrik. 

    • Generator

    Lanjut ke komponen mobil hybrid berikutnya ada generator. Generator ini merupakan komponen yang prinsip kerjanya hampir sama dengan alternator.

    Fungsi utama dari generator adalah memproduksi listrik sehingga nantinya bisa dipakai untuk mengisi baterai mobil listrik. Selain itu generator juga akan menghasilkan tenaga untuk menggerakkan motor listrik.