Wajib Tahu! Ketahui Ciri-ciri Kaki-kaki Mobil Rusak

Kaki mobil rusak bisa membuat kenyamanan saat berkendara terganggu. Agar tidak semakin parah, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen di bagian kaki-kaki mobil.
Akan lebih baik apabila segera melakukan perbaikan atau bahkan menggantinya dengan komponen baru. Apalagi komponen di bagian kaki mobil ini cenderung rentan rusak sehingga butuh perawatan rutin secara berkala.
Itu sebabnya, jangan anggap remeh ketika menemukan ciri-ciri kaki mobil mulai rusak. Apa saja ciri yang menandakan adanya kerusakan pada salah satu komponen kaki mobil? Berikut informasinya.
Begini Ciri yang Menandakan Kaki Mobil Rusak
Ketika salah satu komponen kaki mobil ada yang rusak dan tidak segera diganti, selain pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman juga membuat risiko terjadinya kecelakaan kian meningkat.
Demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara, perhatikan apa saja yang menjadi ciri dari kaki-kaki mobil yang rusak berikut ini.
- Kemudi Bergetar
Ciri pertama yang menandakan kaki mobil mulai rusak adalah ketika bagian setir atau kemudi bergetar lebih parah dibanding biasanya pada saat sedang melaju. Untuk memastikan bisa dengan cara mengemudikan mobil di jalan yang lurus dan rata.
Apabila merasakan gejala setir yang seperti ini, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki agar kerusakannya tidak merembet ke komponen lainnya.
- Spooring Berubah
Selain bergetar, ciri kaki mobil yang rusak adalah bagian kemudi tidak lurus dan kurang stabil saat melaju. Ini menandakan setelan spooring yang berubah sehingga perlu diatur ulang di bengkel resmi yang menyediakan jasa spooring & balancing.
Namun apabila telah melakukan servis spooring tapi kemudi tetap tidak lurus (oleng ke kiri atau ke kanan). Bisa jadi ada komponen lain pada kaki-kaki mobil yang mengalami kerusakan.
- Bagian Roda Bunyi, Goyang, dan Arahnya Tidak Stabil
Ciri ketiga yang menandakan kaki mobil rusak adalah adanya gangguan pada bagian roda. Mulai dari munculnya bunyi, terasa bergoyang ketika melaju, hingga pergerakan roda mobil yang tidak stabil.
Apabila roda mobil bergerak liar dan kemudi sulit untuk dikendalikan, baik saat dipacu pada kecepatan rendah maupun tinggi. Ini mengindikasikan adanya kerusakan di bagian tie rod.
Jika terdengar bunyi yang aneh, kemungkinan bagian sokbreker mobil yang mulai melemah. Sedangkan jika bagian roda pada mobil bergoyang hebat pada saat melewati jalanan yang bergelombang, bisa jadi komponen ball joint yang mulai rusak.
- Ban Bermasalah
Ciri adanya komponen kaki mobil yang rusak juga bisa dilihat berdasarkan kondisi ban mobil. Jika dilihat dengan mata telanjang, ban mobil bagian depan terlihat tidak lurus atau sedikit miring ketika posisi kendaraan diam.
Selain itu, kondisi ban juga terkikis hanya di bagian tertentu saja atau kontur tapak ban yang berbeda karena miring sebelah. Semua ciri-ciri pada ban tersebut menandakan adanya kerusakan pada kaki mobil yang harus segera diatasi.
Dampak yang bisa terjadi jika kondisi ban yang bermasalah tersebut diabaikan adalah bisa berpotensi terjadinya kecelakaan, terutama jika mobil melaju saat kondisi hujan.
- Setir Oleng di Kecepatan Tinggi
Ciri berikutnya bisa dilihat ketika mobil dipacu di jalan tol dengan kecepatan diatas 80 km/jam mulai terasa oleng atau limbung, terasa seperti melayang, atau bahkan terdengar suara yang berisik.
Semua itu mengindikasikan komponen bushing pada kaki mobil telah rusak, yaitu bushing bagian swing arm atau bagian stabilizer yang perlu diganti. Kedua komponen tersebut berfungsi untuk menstabilkan kendaraan saat melaju.
Itulah berbagai ciri yang menandakan adanya kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil, ada yang bisa dilihat secara kasat mata dan ada juga yang baru terasa ketika sudah melaju dengan kecepatan tinggi.
Intinya, jangan anggap remeh jika mulai terasa ada masalah yang mengindikasikan bahwa kaki mobil rusak.
Sebaiknya, segera datangi bengkel resmi terdekat atau bisa klik tautan berikut ini https://suzukiarindo.co.id/ untuk melakukan reservasi atau bertanya harga spare part dan biaya servisnya.