Berita

    Ketahui Ciri Mobil Limbung dan Cara Mengatasinya

    Mobil limbung dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan atau insiden yang membahayakan di jalan raya. Mobil yang limbung ini disebut juga dengan body roll, biasa akan terasa begitu mobil melaju dengan kencang dan menemui belokan. 

    Mobil disebut limbung juga ketika terlempar dari jalur yang seharusnya. Kondisi seperti ini tentu sangat mengganggu bagi pengendara mobil, sehingga tidak bisa dianggap remeh. Kira-kira apa saja yang menjadi ciri mobil body roll dan bagaimana cara mengatasinya?

    Kenali Ciri-Ciri Mobil Limbung

    Masih banyak pengemudi yang belum memahami dan menyadari keadaan mobil yang mengalami body roll. Untuk dapat lebih waspada, berikut ini ciri atau gejalanya sehingga Anda bisa mengidentifikasi bila terjadi pada kendaraan Anda.

    • Stabilitas Mobil Menurun

    Mobil menjadi tak stabil saat dikendarai, hal ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada sistem dan komponen pengereman di mobil. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem pengeraman memiliki tugas utama untuk menghentikan laju mobil ketika dibutuhkan. 

    Maka, apabila sistem pengereman tak dapat berfungsi dengan maksimal akan membuat mobil sulit dihentikan. Akhirnya malah membuat mobil jadi tidak stabil dan alami limbung.

    • Kinerja Suspensi Menurun

    Salah satu gejala yang menjadi ciri mobil alami limbung ialah penurunan fungsi dan kualitas suspensi pada mobil. Bisa jadi sudah waktunya bagi Anda untuk melakukan pengecekan pada komponen tersebut. 

    Setiap komponen pada mobil memiliki durabilitasnya masing-masing. Semakin tua usia mobil, semakin sering dipakai juga akan menurunkan kinerja komponennya. 

    Suspensi yang tidak segera diganti saat bermasalah hanya akan memperparah kondisi mobil dan membuat mobil jadi limbung. Selain itu, suspensi juga bisa menjadi lebih keras ketika tidak segera diperbaiki saat mengalami masalah. Sehingga mengganggu bagian roda mobil dan sistem pengeremannya. 

    • Munculnya Guncangan dan Gemuruh

    Pada mobil yang mengalami body roll, baik pengemudi ataupun penumpang akan dapat merasakan guncangan yang tak biasa ketika mobil melaju. Selain itu juga akan memunculkan gemuruh dan getaran tak biasa, apalagi ketika kendaraan direm. 

    Guncangan hebat bisa menjadi hal yang berbahaya dan fatal. Tentu sangat tidak nyaman untuk merasakan guncangan dan gemuruh, maka sebaiknya harus dilakukan pengecekan ke bengkel.

    • Ban Mobil Rawan Tergelincir