Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Ketahui Ciri-ciri Kaki-kaki Mobil Rusak

    Kaki mobil rusak bisa membuat kenyamanan saat berkendara terganggu. Agar tidak semakin parah, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen di bagian kaki-kaki mobil.

    Akan lebih baik apabila segera melakukan perbaikan atau bahkan menggantinya dengan komponen baru. Apalagi komponen di bagian kaki mobil ini cenderung rentan rusak sehingga butuh perawatan rutin secara berkala.

    Itu sebabnya, jangan anggap remeh ketika menemukan ciri-ciri kaki mobil mulai rusak. Apa saja ciri yang menandakan adanya kerusakan pada salah satu komponen kaki mobil? Berikut informasinya. 

    Begini Ciri yang Menandakan Kaki Mobil Rusak 

    Ketika salah satu komponen kaki mobil ada yang rusak dan tidak segera diganti, selain pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman juga membuat risiko terjadinya kecelakaan kian meningkat.

    Demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara, perhatikan apa saja yang menjadi ciri dari kaki-kaki mobil yang rusak berikut ini.

    • Kemudi Bergetar

    Ciri pertama yang menandakan kaki mobil mulai rusak adalah ketika bagian setir atau kemudi bergetar lebih parah dibanding biasanya pada saat sedang melaju. Untuk memastikan bisa dengan cara mengemudikan mobil di jalan yang lurus dan rata. 

    Apabila merasakan gejala setir yang seperti ini, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki agar kerusakannya tidak merembet ke komponen lainnya. 

    • Spooring Berubah

    Selain bergetar, ciri kaki mobil yang rusak adalah bagian kemudi tidak lurus dan kurang stabil saat melaju. Ini menandakan setelan spooring yang berubah sehingga perlu diatur ulang di bengkel resmi yang menyediakan jasa spooring & balancing. 

    Namun apabila telah melakukan servis spooring tapi kemudi tetap tidak lurus (oleng ke kiri atau ke kanan). Bisa jadi ada komponen lain pada kaki-kaki mobil yang mengalami kerusakan. 

    • Bagian Roda Bunyi, Goyang, dan Arahnya Tidak Stabil

    Ciri ketiga yang menandakan kaki mobil rusak adalah adanya gangguan pada bagian roda. Mulai dari munculnya bunyi, terasa bergoyang ketika melaju, hingga pergerakan roda mobil yang tidak stabil. 

    Apabila roda mobil bergerak liar dan kemudi sulit untuk dikendalikan, baik saat dipacu pada kecepatan rendah maupun tinggi. Ini mengindikasikan adanya kerusakan di bagian tie rod.

    Jika terdengar bunyi yang aneh, kemungkinan bagian sokbreker mobil yang mulai melemah. Sedangkan jika bagian roda pada mobil bergoyang hebat pada saat melewati jalanan yang bergelombang, bisa jadi komponen ball joint yang mulai rusak. 

    • Ban Bermasalah