Berita

    Featured Image

    Penyebab Rangka dan Sasis Mobil Berkarat

    Sasis mobil berkarat tentu menjadi permasalahan yang cukup meresahkan bagi pemilik mobil seperti Anda. Selain merusak estetika, rangka dan sasis yang terkena korosi juga berdampak pada performa kendaraan. 

    Seperti yang diketahui, sasis dan rangka berfungsi sebagai penopang kestabilan kendaraan. Jika terjadi kerusakan, ini tentu akan membahayakan keselamatan Anda. 

    Untuk itu, pahami terlebih dahulu apa saja penyebab umum yang membuat komponen mobil ini berkarat dan bagaimana cara mencegahnya. 

    Ini Penyebab Rangka dan Sasis Mobil Berkarat

    Terdapat beberapa penyebab umum yang bisa membuat rangka dan sasis berkarat, di antaranya yaitu:

    • Sering Terpapar Hujan

    Apakah rangka dan sasis kendaraan Anda sering terpapar air hujan atau banjir? Jika iya, kondisi ini akan mempercepat terjadinya korosi. 

    Hal ini juga bisa semakin parah jika Anda sering melintasi kawasan yang berlumpur dalam jangka waktu yang panjang. 

    Selain itu, jika mobil Anda sering berada di area yang lembab seperti pantai dan dataran tinggi, hal tersebut juga membuat komponen kendaraan rentan terhadap karat. 

    • Terkena Zat Korosif 

    Produk-produk pembersih yang mengandung bahan kimia korosif juga berpotensi merusak lapisan pelindung sasis. Akibatnya, sasis menjadi mudah berkarat. 

    • Goresan atau Kerusakan Fisik

    Kerusakan fisik atau goresan pada sasis menjadi salah satu pemicu awal dari munculnya karat. Saat lapisan pelindung sasis terkena goresan, maka logam akan langsung terpapar lingkungan luar seperti air dan oksigen. 

    Hal ini tentu akan mempercepat terjadinya korosi dan menyebar ke seluruh permukaan sasis. 

    • Debu dan Kotoran

    Ternyata, kotoran dan debu yang membandel pada rangka dan sasis lama-kelamaan bisa menimbulkan karat. 

    Kotoran yang menempel ini akan menahan kelembaban. Alhasil, area rangka dan sasis menjadi lembab. Kelembaban tinggi ini akan membuat komponen mobil tersebut lebih rentan terhadap korosi. 

    • Usia Mobil

    Penyebab umum lainnya adalah usia mobil. Tanpa dipungkiri, semakin tua usia kendaraan Anda, semakin rentan pula terkena karat. 

    Mobil yang sudah lama, lapisan pelindung sasis akan semakin menipis. Inilah yang membuat karat sering kali muncul pada sasis. 

    Cara Mencegah Sasis Mobil Berkarat

    Lantas, bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi pengkaratan pada bagian sasis dan rangka mobil? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan 2 hal penting berikut. 

    • Mencuci Mobil dengan Rutin

    Pertama, Anda wajib mencuci mobil dengan rutin agar kotoran dan debu menghilang di sekitar sasis serta rangka mobil. 

    Khususnya ketika Anda telah melakukan perjalanan panjang yang melewati off-road, pastikan kondisi kendaraan tetap bersih kembali. 

    Pastikan Anda membersihkan beberapa komponen mobil yang terbuat dari logam seperti sasis, suspensi, knalpot, dan lain sebagainya agar terhindar dari korosi. 

    Sementara itu, Anda disarankan untuk memakai produk cat lapisan anti-karat agar komponen mobil tahan lama. 

    • Melakukan Servis Mobil secara Teratur

    Selain merawat kebersihan mobil, Anda juga perlu melakukan pengecekan seluruh komponen mobil secara teratur. Ini bertujuan agar Anda bisa mendeteksi kerusakan sedini mungkin. 

    Misalnya, Anda menemukan goresan pada sasis, segeralah lapisi permukaan sasis dengan cat pelindung atau metode perbaikan tepat lainnya. 

    Demikian penjelasan mengenai penyebab umum sasis mobil berkarat hingga bagaimana cara mencegahnya. Percayalah, munculnya karat pada rangka dan sasis bisa menjadi penyebab awal kerusakan yang lebih serius kedepannya.