Berita

    Simak Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

    Memang menyebalkan rasanya ketika AC mobil tidak dingin. Apalagi Anda harus menempuh perjalanan jauh dan dalam cuaca yang panas. Seringkali mobil mengalami permasalahan ini, tanpa melihat mobil lama ataupun mobil baru.

    Mengingat AC sudah memegang peranan penting pada mobil sebagai sumber pendingin sehingga perjalanan terasa nyaman. Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika mobil hanyalah mengeluarkan angin saja tanpa rasa dingin yang dimiliki oleh AC.

    Lalu, mengapa hal itu bisa terjadi? Apa yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin pada mobil? Yuk sama-sama kita bahas pada penjelasan berikut.

    7 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

    Berikut adalah 7 penyebab yang seringkali ditemukan pada mobil yang mengalami permasalahan AC mobil tidak dingin.

            1. Kehabisan Freon

    Freon sangat identik kaitannya dengan sistem pendingin, salah satunya AC mobil. Mobil yang sudah tidak terasa dingin bisa saja mengalami kehabisan freon.

    Fungsi dari freon itu sendiri adalah penyerap udara panas yang terdapat pada ruangan tersebut sehingga suhu menjadi lebih rendah.

    Namun, mobil tahun terbaru sangat jarang mengalami masalah ini. Biasanya masalah kehabisan freon terjadi pada usia mobil yang sudah mencapai 10 tahun lebih.

    Untuk mengatasinya adalah dengan mengganti freon AC dengan yang baru agar AC mobil terasa dingin kembali.

            2. Filter AC Kotor

    Sesuai dengan namanya, filter AC berfungsi sebagai penyaring kotoran yang akan baik yang akan masuk ke dalam kabin mobil maupun ke bagian AC itu sendiri.

    Untuk menghindari permasalahan AC mobil yang tidak dingin, lakukan pembersihan filter AC minimal 2 minggu atau 1 bulan sekali.

    Dengan begitu tidak ada lagi kotoran yang menyumbat filter AC dan mobil akan terasa lebih dingin.

            3. Extra Fan Tidak Nyala

    Penyebab ketiga yang sering terjadi adalah extra fan yang tidak nyala sebagaimana mestinya. Dampaknya AC mobil akan terasa tidak dingin.

    Fungsi dari extra fan pada AC mobil adalah sebagai pendingin suhu pada kondensor. Letaknya berada di bumper mobil bagian depan. 

    Untuk memeriksa kondisi extra fan, cobalah periksa bagian relay extra fan. Kebanyakan relay mengalami gosong sehingga menghambat fungsi dari extra fan.

            4. Kondensor Jarang Dibersihkan

    Setelah extra fan, mungkin saja kondensor yang jarang dibersihkan sehingga bagian ini mengalami karat. Kondensor yang kotor membuat komponen ini tidak lagi bisa membuang udara panas dari bagian mesin AC.