Berita

    Featured Image

    Intip Proses Perbaikan Body Mobil Bekas Tabrakan

    Proses perbaikan body mobil atau disebut juga sebagai body repair merupakan proses yang wajar dapat dilewati oleh seorang pengemudi. Terlebih lagi jika mobil mengalami kerusakan karena kecelakaan atau tabrakan.

    Perbaikan badan mobil yang disebut body repair memiliki tahapan proses yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang bertanya-tanya tentang proses body repair dan tentang berbagai macam kisaran harganya, maka ikuti artikel berikut untuk informasi lebih lengkap!

    Definisi dan Fungsi Body Repair

    Body repair memiliki arti proses perbaikan badan mobil yang disebabkan oleh berbagai alasan, seperti goresan, tabrakan, kecelakaan, benturan atau pengkaratan. Proses perbaikan ini memiliki tingkatan masing-masing, yaitu body repair ringan, sedang dan berat.

    Tingkatan tersebut memiliki tahapan, harga dan kebutuhan peralatan perbaikan yang berbeda-beda. Maka dari itu, ketika Anda mengalami tabrakan yang menyebabkan salah satu komponen body mobil rusak, sebaiknya dibawa ke bengkel atau teknisi mekanik profesional.

    Sehingga, jika dilihat dari definisinya maka fungsi body repair adalah untuk memperbaiki badan atau cat mobil agar kembali pada keadaan sebelumnya. Body repair juga berfungsi untuk menjaga bagian mesin mobil agar terhindar dari potensi kerusakan yang lebih besar.

    Tahapan Proses Perbaikan Body Mobil

    Di dalam proses perbaikan kerusakan body mobil tentu terdapat tahapan-tahapan penting yang wajib dilalui. Untuk mendapatkan hasil perbaikan yang maksimal, bengkel tidak boleh asal dalam melakukan perbaikan, seperti mengecat dan hal lainnya.

    Proses perbaikan memiliki tahapan yang berbeda, tergantung dari seberapa parah kerusakan yang terjadi pada body mobil. Maka dari itu, berikut ini beberapa tahapan proses memperbaiki body mobil yang baik dan patut Anda ketahui, yaitu:

    • Proses Identifikasi Kerusakan

    Tahap pertama tentu proses identifikasi kerusakan yang dilakukan oleh mekanik bengkel. Pada tahap ini, bengkel akan mengidentifikasi bagian-bagian mobil yang membutuhkan proses perbaikan.Selain itu, proses ini akan memberi tahu tentang estimasi biaya.

    Proses mengidentifikasi kerusakan biasanya cukup cepat. Pemilik mobil hanya perlu membawa mobil ke bengkel dan menginformasikan tentang kerusakan yang dialami mobil. Lalu, mekanik bengkel akan memeriksa kondisi keseluruhan mobil Anda.

    • Proses Pembongkaran

    Proses perbaikan body mobil selanjutnya adalah pembongkaran bagian-bagian mobil yang butuh diperbaiki. Untuk kasus body mobil rusak karena tabrakan tentu membutuhkan proses pembongkaran yang cukup lama.

    Sebaliknya, jika kerusakan mobil hanya berupa goresan, benturan atau pengkaratan tidak membutuhkan proses pembongkaran yang lama.

    Maka dari itulah tahapan dan proses identifikasi penting untuk mengetahui apakah proses pembongkaran ringan, sedang atau berat harus dilakukan.

    • Proses Perbaikan

    Tahap ketiga adalah proses perbaikan, yang mana pada tahapan ini mulai dilakukan segala jenis perbaikan yang dibutuhkan untuk memuluskan body mobil Anda.

    Bagian yang rusak mulai diperbaiki dan tentu proses perbaikannya tergantung dari tingkat kerusakan mobil.

    Ada lima macam bentuk perbaikan yang biasanya dilakukan oleh bengkel, yaitu pembersihan (cleaning), pengamplasan (sanding), pemolesan (greasing), pendempulan dan pengecatan ulang (repainting).

    Proses Perbaikan Body MobilFreepik.com

    Kelima macam tersebut harus dilakukan apabila mobil Anda mengalami kerusakan akibat tabrakan agar komponen body mobil kembali pada keadaan semula.

    Terlebih jika mobil Anda mengalami penyok, maka proses pendempulan wajib dilakukan sampai permukaan body mobil kembali rata. 

    • Proses Finishing

    Tahapan terakhir adalah proses finishing, yang mana meliputi pengecatan ulang hingga body mobil kembali seperti semula. Pada proses finishing ini juga dilakukan pemolesan secara menyeluruh hingga membuat mobil lebih berkilau.

    Biasanya, untuk meningkatkan layanan terbaik, beberapa bengkel juga melakukan pencucian body mobil. Ini menjadi salah satu bentuk layanan bengkel untuk memuaskan pemilik mobil setelah dilakukannya body repair secara keseluruhan.

    Estimasi Biaya Perbaikan Body Mobil

    Setelah Anda mengetahui berbagai tahapan body repair mobil bekas kecelakaan. Informasi tentang estimasi biaya reparasi akan sangat berguna bagi Anda. Untuk biaya perbaikan tentu tergantung pada proses penanganan dan seberapa parah kerusakan body mobil Anda.

    Contoh, untuk biaya perbaikan panel pintu, bumper, fender dan side skirt sekitar Rp300.000 hingga Rp450.000. Lalu, jika terjadi kerusakan pada kap bagasi dan mesin, estimasi biaya reparasi sekitar Rp400.000-Rp600.000.

    Sedangkan, jika kerusakan yang dialami lebih parah daripada di atas, tidak memungkinkan biaya reparasi mencapai jutaan rupiah. Disarankan jika Anda melakukan body repair di bengkel resmi karena komponen pengganti yang digunakan adalah produk berkualitas.

    Itulah berbagai informasi lengkap mengenai proses perbaikan body mobil Anda yang mengalami berbagai jenis kerusakan. Bawa mobil Anda yang mengalami kerusakan ke bengkel resmi Suzuki.