Berita

    Featured Image

    Tips Merawat Bagian Kelistrikan di Kabin Mobil

    Merawat mobil secara menyeluruh dengan cara yang tepat akan membantu mobil Anda tetap dalam performa yang prima. Langkah ini akan membantu Anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman setiap saat. 

    Ada banyak komponen dalam mobil yang perlu dijaga kondisinya, tidak terkecuali sistem kelistrikan pada kabin. Mari cari tahu apa saja yang perlu dilakukan agar Anda bisa merawat bagian kelistrikan ini secara optimal. 

    Tips Merawat Mobil Bagian Kelistrikan

    Selain mesin, sistem kelistrikan memiliki peran yang sangat penting pada mobil Anda. Jika ada gangguan atau kerusakan pada sistem kelistrikan, Anda mungkin akan sulit berkendara dengan nyaman. 

    Berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar Anda bisa menjaga sistem kelistrikan mobil selalu dalam kondisi prima. 

    • Periksa Aki secara Berkala

    Pastikan untuk selalu memeriksa aki mobil Anda secara berkala. Aki itu sendiri merupakan sumber listrik utama yang ada di dalam sebuah mobil. Jadi, penting sekali untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima. 

    Pemeriksaan secara berkala perlu dilakukan untuk mengecek apakah ada tanda-tanda korosi pada terminal aki atau tidak. Selain itu, hal ini juga perlu dilakukan untuk memeriksa apakah umur aki sudah lewat batas atau belum. 

    Jika aki sudah lewat batas dan tidak bisa berfungsi optimal, maka Anda harus segera melakukan penggantian. Pilih jenis aki yang sesuai spesifikasi mobil agar sistem kelistrikan bisa berjalan dengan lancar dan lebih optimal. 

    • Lakukan Pembersihan Terminal Aki

    Tips merawat mobil yang berikutnya adalah bersihkan terminal aki. Terminal aki yang sudah terkena korosi atau mungkin terkontaminasi kotoran bisa memicu masalah kelistrikan yang parah pada mobil Anda. 

    Sangat disarankan untuk selalu rutin membersihkan terminal aki menggunakan sikat dan larutan baking soda. Tujuannya agar korosi bisa hilang dan bersih dari kotoran yang memicu kerusakan lebih parah. 

    • Cek Kabel dan Sekring

    Selain aki, kabel dan sekring juga harus diperiksa secara rutin. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan apakah ada kabel yang mengelupas atau tidak. Jika ada kabel yang mengelupas dan rusak, maka segera lakukan penggantian. 

    • Pakailah Aksesori yang Tepat

    Pastikan untuk memakai aksesori mobil secara bijak. Pilihlah jenis aksesori yang tepat dan jangan sampai berlebihan. 

    Jika Anda memakai aksesori berlebihan, maka sistem kelistrikan akan menerima beban kerja yang terlalu berat. Anda harus menyesuaikan pilihan aksesori dengan kapasitas kelistrikan yang ada di mobil Anda. 

    Jika memang ingin menambah aksesori baru, maka Anda bisa memasang relay dan fuse untuk mencegah lonjakan arus berlebih pada sistem kelistrikan. 

    • Bersihkan Area Mesin

    Saat merawat mobil, pastikan untuk menjaga kebersihannya secara menyeluruh. 

    Tidak hanya kebersihan bodi luar, tapi juga kebersihan area mesin mobil. Tujuannya agar sistem kelistrikan di sana tetap bersih dan bekerja dengan optimal. 

    Kotoran, debu, maupun benda-benda asing lain yang menumpuk di bagian mesin dan sekitarnya bisa memicu beragam masalah. Salah satunya adalah memicu masalah kelistrikan seperti korsleting yang tentu saja berbahaya. 

    • Perhatikan Lampu Peringatan di Dashboard

    Penting sekali untuk selalu memperhatikan lampu peringatan yang ada di bagian dashboard. Saat berkendara, Anda bisa melihat sinyal peringatan tersebut untuk mengetahui apakah ada masalah kelistrikan atau tidak. 

    Apabila lampu peringatan menyala dan ada indikator yang menginformasikan masalah pada sistem kelistrikan, segera lakukan pengecekan. Jangan menunda lebih lama agar masalah kelistrikan bisa cepat diatasi.