Berita

    Mengenal Komponen pada Gearbox dan Merawatnya

    Ada banyak komponen yang membuat kendaraan bisa berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah gearbox mobil yang merupakan salah satu komponen terpenting. Gearbox adalah salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai sistem pemindah tenaga pada kendaraan bermotor. Komponen ini adalah sistem pemindah tenaga pada kendaraan. Dengan adanya gearbox, maka tenaga yang dihasilkan dari sumber tenaga pun dapat disalurkan ke bagian bagian pada mesin mobil.

    Gearbox kendaraan tersusun dari beberapa komponen yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Tentunya tanpa ada satu komponen yang bekerja maka gearbox tidak akan berfungsi secara optimal. Dan berikut adalah beberapa komponen gearbox.

    • Input shaft cover - meneruskan putaran dari motor penggerak mesin mobil.
    • Oil hole cover - sebagai saluran tempat oli masuk.
    • Oil seal - menahan aliran oli agar tidak bocor.
    • Gasket - menahan tekanan dari aliran oli agar tidak terjadi kebocoran.
    • Worm shaft - meneruskan putaran dari worm drive (roda gigi cacing) menuju output shaft (poros output).
    • Out cover - menutup output shaft.
    • Gearbox frame - membingkai sekaligus melindungi keseluruhan gearbox.

    Fungsi Gearbox Mobil

    Meski memiliki fungsi utama sebagai penyalur tenaga ke bagian-bagian lain mesin di dalam mesin, gearbox tetap memiliki beragam fungsi lain yang cukup penting. Fungsi tersebut diantaranya adalah

    • Mengubah momen puntir (twisting moment) untuk mengatur poros berputar (spindel mesin) agar bergerak atau diam. Dari poros inilah kemudian tenaga disalurkan ke komponen lain pada mesin mobil.
    • Menyediakan rasio gigi dan mengaturnya agar sesuai dengan beban mesin kendaraan.
    • Menghasilkan putaran yang teratur pada mesin sehingga bisa melakukan gerakan berbalik putaran.
    • Menghasilkan dan kemudian mengubah tenaga agar komponen lain dapat melakukan proses feeding dengan akurat.
    • Mengatur dan menyesuaikan daya atau torsi agar kendaraan bisa bergerak maju maupun mundur.

    Cara Kerja Gearbox Mobil

    Lantas sebenarnya bagaimanakah cara kerja gearbox pada sebuah mobil? Dalam proses perpindahan tenaga, maka poros dan roda akan menerima gaya tertentu. Guna dapat menghasilkan gaya tersebut, dibutuhkan tenaga putar yang besar. Ada kalanya tenaga putar tersebut sangat tinggi, namun terkadang tenaga tersebut menurun dan di sinilah gearbox berperan. Fungsi gearbox adalah menyesuaikan daya mengaturnya agar tenaga bisa tetap sesuai dan tersalurkan dengan baik.

    Merawat Gearbox Mobil

    Melihat pentingnya gearbox kendaraan, maka sejumlah perawatan pun harus dilakukan untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Untuk perawatan sebenarnya cukup mengganti oli transmisi secara berkala.

    Pastikan untuk selalu menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh pabrikan agar hasilnya maksimal. Selain itu, pastikan juga untuk selalu melakukan penggantian oli di bengkel resmi Suzuki dengan cara mengunjungi website nya di  www.suzukiarindo.co.id lalu pilih halaman service untuk menjadwalkan booking service anda.  Bila melakukan perawatan di bengkel yang tidak ter-standarisasi, bukan tidak mungkin yang digunakan adalah oli bekas yang tentunya bisa merusak gearbox.

    Dengan rutin melakukan penggantian oli transmisi, kinerja gearbox tidak akan terlalu berat. Selain itu, mulailah untuk menerapkan kebiasaan memanaskan kendaraan Anda sebelum digunakan. Dengan memanaskan kendaraan sebelum digunakan, sistem transmisinya akan terjaga dan gearbox pun tidak cepat rusak.

    Selain itu, gunakanlan mobil sesuai dengan peruntukannya. Mobil yang bekerja tidak sesuai dengan peruntukan seperti mobil penumpang dijadikan sebagai kendaraan niaga juga akan membuat gearbox menjadi jauh lebih cepat rusak bila dibandingkan dengan penggunaan normal. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh para pemilik kendaraan.