Berita

    Tips Mengemudi dengan Aman di Area Sekolah

    Ketika sedang berkendara, tentunya keselamatan merupakan hal yang harus diperhatikan dan diutamakan. Supaya bisa tetap aman sepanjang perjalanan, ada berbagai tips mengemudi yang penting untuk diketahui dan diterapkan, misalnya tips untuk melintasi area sekolah.

    Area atau zona sekolah merupakan kawasan yang terbilang memiliki berbagai jenis risiko kecelakaan. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan keselamatan diri dan orang lain ketika berada di area tersebut.

    Tips Mengemudi di Area Sekolah

    Tidak semua anak sekolah dapat menyeberang dengan aman, terlebih untuk anak yang usianya masih terlalu kecil. Ketika sedang berjalan di tepi jalan pun, seringkali masih ada anak yang kurang menjaga keamanan, misalnya karena sibuk bermain atau berlari.

    Jika Anda akan melintasi area sekolah, terlebih ketika jam berangkat atau pulang sekolah, ada berbagai tips yang sebaiknya Anda terapkan supaya tetap dapat menjaga keselamatan bersama.

    • Jika Diminta Berhenti, Maka Berhentilah

    Ketika berada di area sekitar sekolah, biasanya ada petugas yang membantu anak-anak untuk menyeberang. Jika petugas tersebut meminta Anda untuk berhenti, maka Anda perlu mengikuti aba-aba tersebut.

    Berhentilah dan biarkan anak-anak menyeberang dengan aman, karena keselamatan mereka perlu menjadi prioritas.

    Kemudian, jika ternyata tidak ada petugas semacam itu di ara sekolah, maka sebaiknya Anda tetap fokus dan berhati-hati.

    Turunkan kecepatan untuk memperhatikan area di sekitar jalur, pastikan tidak ada anak yang sedang menyeberang.

    iStock
    • Jangan Melanggar Batas Kecepatan

    Berbagai area sekolah, biasanya memiliki batas kecepatan tertentu yang cenderung lebih rendah dibanding batas kecepatan pada umumnya di jalanan kota.

    Maka dari itu, pastikan Anda mematuhi batas tersebut, supaya tetap aman bagi semua pengguna jalan.

    Perlu diketahui bahwa semakin laju kendaraan Anda, maka semakin banyak risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

    • Jangan Memainkan Ponsel dan Perangkat Lain yang Mengurangi Fokus

    Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan bagi pengemudi adalah tentang ponsel atau perangkat apapun yang dapat mengurangi fokus berkendara.

    Ketika akan melintasi berbagai kawasan yang rawan, termasuk area sekolah, maka sebaiknya Anda tidak memainkan perangkat tersebut. Letakkan dengan baik dan tetaplah fokus untuk berkendara.

    • Bersiap untuk Hal Tidak Terduga