Berita

    Featured Image

    Tanda Defogger Mobil Rusak dan Tidak Berfungsi

    Defogger mobil rusak termasuk masalah yang jarang sekali dialami pemilik mobil namun sekalinya terjadi sulit diperbaiki. Kerusakan pada defogger bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena membersihkan kaca belakang mobil secara sembarangan.

    Bentuk defogger menyerupai filamen yang melekat pada bagian kaca belakang. Fungsi utamanya sebagai penghalau kabut dan embun saat cuaca hujan. 

    Ketika defogger dinyalakan maka arus listrik akan menuju ke filamen untuk menghasilkan panas agar kaca terbebas dari embun. 

    Tanda-tanda Defogger Mobil Rusak 

    Mobil yang dilengkapi dengan fitur defogger akan lebih aman karena pengemudi bisa melihat kondisi jalan di belakang mobil dengan jelas tanpa tertutup embun. Dengan begitu risiko kecelakaan akan berkurang dan pengemudi bisa berkendara dengan aman. 

    Berikut beberapa tanda defogger mobil mengalami kerusakan: 

    • Kaca belakang mobil berembun meski sudah menyalakan defogger

    • Suhu kaca belakang tidak panas meski sudah lama menghidupkan defogger

    • Komponen pada defogger mengalami kerusakan

    Jika defogger hanya rusak di bagian tengah kemungkinan masih bisa berfungsi meski tidak seoptimal biasanya. Tapi jika kerusakannya terjadi pada bagian inti komponen yang mengalirkan arus listrik maka defogger akan mati total.

    Jika hal tersebut terjadi maka jalan satu-satunya untuk memperbaiki yaitu dengan menggantinya dengan yang baru. Untuk menggantinya Anda harus membeli satu set dengan kaca bagian belakang karena belum ada yang menjual komponen defogger secara terpisah. 

    Meski jarang sekali terjadi, masalah ini cukup merepotkan karena memerlukan biaya yang lumayan banyak. Itu sebabnya pemilik mobil tidak boleh menggunakan defogger secara sembarangan dan sebaiknya hanya dinyalakan saat hujan agar tidak cepat rusak. 

    Penyebab Defogger Mobil Bermasalah 

    Penyebab Defogger Mobil BermasalahFreepik.com

    Kerusakan pada defogger memang jarang terjadi tapi bukan berarti masalah ini tidak akan menimpa mobil Anda. Untuk mencegahnya hindari beberapa hal berikut ini agar defogger mobil bisa bertahan lama. 

    • Membersihkan Kaca Belakang Secara Asal-asalan

    Bersihkan kaca mobil dengan hati-hati terutama pada kaca belakang yang dilengkapi defogger. Membersihkan kaca belakang secara asal-asalan ternyata bisa membuat defogger mobil rusak.

    Hindari cairan pembersih kaca yang bisa memicu korosi pada defogger dan bersihkan area kaca belakang secara perlahan. Jangan lupa gunakan lap microfiber atau kanebo untuk menyeka kotoran yang menempel di permukaan kaca. 

    • Sering Lupa Mematikan Defogger

    Fitur defogger tidak bisa menyala dan mati secara otomatis sehingga pengemudi harus mengontrolnya secara manual. Kebiasaan lupa mematikan defogger dapat menyebabkan kerusakan pada komponen pemanas karena bekerja secara terus-menerus.

    Jika hujan sudah reda dan tidak memerlukan defogger segera matikan untuk memperpanjang usia pemakainya. 

    • Mengganti Kaca Film dengan Teknik yang Salah

    Banyak orang memasang kaca film untuk menambah estetika mobil tapi perlu diingat teknik pemasangan kaca film yang salah bisa merusak defogger pada kaca belakang. 

    Saat melakukan proses pemasangan dengan teknik yang filamen defogger bisa saja putus dan tidak bisa mengalirkan listrik untuk menghasilkan panas. 

    Sebelum memasang/mengganti kaca film perhatian dulu posisi filamen defogger agar tidak tersenggol. 

    Selama tidak melakukan kesalahan-kesalahan di atas defogger mobil Anda kemungkinan akan tetap aman dan berfungsi normal.  Itu sebabnya, hindari hal-hal tadi jika tidak ingin membeli satu set defogger dengan kaca belakang untuk memperbaikinya.

    Jika sudah terlanjur rusak sebaiknya segera ganti dengan yang baru untuk berjaga-jaga ketika cuaca hujan tiba.