Berita

    Ternyata Ini Penyebab Lampu Rem Sering Mati

    Lampu rem jelas memiliki fungsi penting pada kendaraan Anda. Lampu ini akan memberikan tanda atau sinyal ketika mobil melakukan pengereman. Perannya begitu besar dalam menjaga keamanan pengendara maupun pengemudi mobil lainnya. 

    Sayangnya banyak orang mengalami masalah lampu ini sering mati dan tidak berfungsi dengan baik. Tentunya hal tersebut cukup berbahaya apalagi jika Anda terbiasa mengemudi di jalanan yang ramai. 

    Penyebab Lampu Rem Sering Mati

    Matinya lampu yang menjadi penanda rem ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Anda harus cari tahu dulu apa penyebabnya agar bisa mengambil solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor penyebab lampu pada rem sering mati:

    • Kerusakan Sakelar Lampu
      Bisa saja lampu tidak menyala karena terjadi kerusakan pada bagian sakelar. Sakelar merupakan komponen penting yang akan mengendalikan aktivitas lampu, baik itu saat dinyalakan maupun dimatikan. 

    Apabila bagian sakelar rusak maka kontrol pada lampu jadi terhambat. Anda mungkin tidak akan bisa menyalakan lampu. Kerusakan ini bisa terjadi karena memang ada gangguan pada sakelar atau sakelar dalam kondisi kotor. 

    • Bohlam Lampu Terbakar atau Rusak
      Jika lampu penanda rem mobil Anda sering mati, cobalah periksa bohlamnya. Kondisi ini bisa saja terjadi karena bohlam terbakar sehingga tidak bisa menyala seperti seharusnya. 

    Selain terbakar, bohlam lampu juga bisa dalam kondisi rusak sehingga tidak dapat menyala. Kerusakan ini tenti bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa saja karena kualitas bohlam yang buruk atau daya pakainya yang sudah habis. 

    Bisa jadi kerusakan bohlam ini juga muncul karena pemakaian yang terlalu berat. Misalnya jika Anda terbiasa menginjak rem terlalu sering sehingga bohlam harus selalu menyala. 

    • Masalah pada Soket Lampu
      Faktor lain yang bisa memicu masalah lampu rem sering mati adalah adanya gangguan di bagian soket. Jika Anda sudah memeriksa bohlam dan sakelar lalu tidak menemukan masalah apapun maka beralihlah ke soket. 

    Soket lampu ini merupakan bagian penting yang akan menjadi penghubung atau konektor antara lampu maupun sistem kelistrikan. Jika bagian soketnya bermasalah maka aliran listrik tidak berjalan dengan baik. 

    Biasanya dalam kondisi seperti ini Anda akan menemukan bahwa posisi soket terlalu kendur. Sebaiknya kencangkan kembali posisi soket agar aliran listrik kembali normal dan lampu menyala. 

    Solusi untuk Mengatasi Lampu Rem Bermasalah

    Kerusakan lampu penanda rem yang dibiarkan begitu saja bisa memicu bahaya saat berkendara. Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga akan merugikan orang lain. Jadi pastikan untuk segera memperbaiki lampu penanda rem yang rusak!

    Unsplash.com

    • Cek 3 Bagian
      Jika lampu tersebut tidak dapat menyala, maka segera cari apa penyebabnya. Periksalah 3 bagian yang sudah disebutkan tadi yaitu sakelar, bohlam, dan soket lampu untuk mencari letak kerusakannya. 

    • Pilih Bohlam
      Jika sudah menemukan mana bagian yang rusak maka Anda bisa memperbaikinya. Jangan lupa pilihlah jenis bohlam yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda agar pemakaiannya lebih efektif. 

    Selain itu pemilihan kualitas bohlam juga sangat penting. Pilihlah bohlam yang berkualitas bagus agar lebih awet untuk digunakan. Percuma saja membeli bohlam yang murah namun mudah rusak. 

    • Hati-Hati dalam Pemakaian
      Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah pemakaian rem. Hindari pemakaian rem di saat-saat yang tidak berguna. Terlalu sering menginjak rem padahal tidak dibutuhkan bisa membuat bagian bohlam mudah rusak.