Berita

    Featured Image

    Cara Mencegah Door Trim Mobil Kusam dan Terkelupas

    Bukan sekadar aksen dekoratif semata, keberadaan door trim memiliki peranan penting karena terdapat nilai estetika dan fungsi yang praktis. Salah satu bahan pelapisnya terbuat dari kulit sintetis yang rentan kusam dan terkelupas apabila tidak dirawat dengan baik. 

    Apabila terus abai, hal tersebut bisa berdampak pada rusaknya tombol-tombol penting yang ada di panel pintu. Lantas, bagaimana cara merawat panel pintu mobil agar lapisannya tidak mudah terkelupas? Berikut informasinya.  

    Tips Merawat Door Trim agar Tidak Kusam dan Terkelupas

    Berikut beberapa cara yang efektif dalam merawat dan membersihkan panel pintu mobil agar tetap awet dan tidak mudah terkelupas. 

    Buat Jadwal Rutin

    Langkah pertama adalah membuat jadwal untuk membersihkan panel pintu secara rutin. Jadwalnya bisa bersamaan dengan saat Anda melakukan servis rutin atau membuat jadwal khusus. 

    Berikut beberapa alat penting yang harus diperhatikan ketika membersihkan bagian panel pintu. 

    • Vacuum Cleaner

    Meskipun tertutup, namun kabin juga tak luput dari menumpuknya debu, termasuk di bagian panel pintu. Cara membersihkan bagian ini cukup mudah, yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. 

    • Lap Bersih 

    Setelah dibersihkan dengan vacuum cleaner, gunakan kain bersih berbahan lembut seperti nilon. Apabila lapisan luar panel bahan materialnya adalah vinyl, sebaiknya gunakan kain microfiber yang kering. 

    Namun jika bahan lapisan panel terbuat dari kulit sintetis, maka gunakan kain yang lembut saja untuk membersihkan bagian ini. Cara ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa setiap bagian panel pintu telah terhindar dari debu dan kotoran. 

    • Cairan Pembersih

    Untuk meminimalisir lapisan luar panel pintu berubah warna menjadi kusam, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus. 

    Pastikan cairan pembersih tersebut tidak mengandung bahan kimia dan pelarut yang berpotensi merusak warna pada lapisan panel. Untuk lapisan yang berbahan vinyl, gunakan cairan pembersih khusus. 

    Sedangkan untuk lapisan yang berbahan kulit sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus untuk bahan katun dan kulit. 

    Namun apabila lapisan panel terbuat dari bahan kulit sintetis, sebaiknya berikan perawatan ekstra berupa mengoleskan pelembab atau kondisioner agar kulit sintetis tersebut tidak mudah pecah, retak, berkerut, dan berjamur. 

    Proses pembersihan tersebut juga termasuk tombol-tombol yang ada di door trim. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sikat dengan bulu lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di celah-celah pintu. 

    Bila perlu, tambahkan cairan pembersih khusus dan usapkan ke tombol pada panel pintu. Hindari menggunakan banyak cairan pembersih mengingat fungsi tombol pada panel yang bersifat elektrik. Satu hal lagi, pastikan panel pintu selalu dalam keadaan kering. 

    Perlindungan dari Sinar Matahari

    Paparan sinar matahari yang berlangsung  secara terus menerus berpotensi merusak warna dan tekstur lapisan luar panel. Untuk itu, pertimbangkan menggunakan pelindung kaca setiap kali parkir di area terbuka. 

    Hindari Terkena Cairan Berbahaya

    Saat membersihkan bagian panel, sebaiknya hindari menggunakan segala macam bentuk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti pelarut, tiner, atau bahan pembersih lainnya yang agresif. 

    Sebab, semua bahan tersebut berpotensi merusak lapisan pelindung dan permukaan panel sehingga berisiko mengurangi daya tahan dan tampilannya. Sebaiknya, gunakan produk perawatan yang dirancang khusus untuk menjaga performa lapisan pelindung panel. 

    Pastikan Interior Mobil Tetap Bersih

    Terakhir, hindari menumpahkan makanan atau minuman di dalam kabin mobil, terutama di area sekitar panel. Sisa makanan atau cairan yang tumpah akan menempel dan meninggalkan noda, bau tak sedap, atau bahkan korosi. 

    Untuk itu, pastikan bagian dalam mobil selalu dalam kondisi bersih serta hindari merokok di dalam mobil. Sebab, selain aroma rokok akan menempel di dinding kabin, asapnya juga bisa merusak permukaan panel. 

    Intinya, door trim merupakan salah satu komponen yang harus dijaga dan dirawat secara rutin agar tampilan warnanya tidak mudah terkelupas.