Berita

    Featured Image

    Sering Berkendara Antar Kota dengan Mobil? Check Selalu Bagian Ini

    Ada banyak tips mengemudi yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi prima. Penurunan performa mesin tidak hanya disebabkan karena kurangnya perawatan tapi juga perjalanan jauh yang terlalu sering. 

    Jika mobil sering digunakan bepergian ke luar kota maka Anda harus memberinya perhatian ekstra performanya tetap terjaga. Berikut beberapa bagian mobil yang wajib dicek secara berkala agar timbul masalah di perjalanan.

    Tips Mengemudi agar Performa Mobil Tetap Optimal 

    Tips berkendara tidak hanya berisi tentang trik-trik mengemudi yang efisien tapi juga bagaimana cara merawat kondisi mobil. Agar perjalanan Anda selalu aman dan lancar sebaiknya lakukan tips-tips berikut. 

    1. Mengecek Mesin

    Sering melakukan perjalanan jauh antar kota tentu akan memberatkan kinerja mesin. Mesin mobil yang jarang diperiksa dan dirawat tentu akan menimbulkan masalah-masalah serius.

    Mesin menempati urutan pertama sebagai bagian mobil yang wajib dicek secara berkala agar Anda bisa memastikan kondisinya. Jika tidak pernah diperhatikan akan timbul kerusakan-kerusakan kecil.

    Kerusakan kecil yang bertumpuk-tumpuk akan menyebabkan masalah fatal, sehingga membutuhkan biaya perbaikan yang jauh lebih mahal. Pengecekan mesin dimulai dari oli yakni memastikan volume dan keenceran oli, hingga kondisi filter oli. 

    Setelah itu cek bagian timing belt jika sudah timbul retakan sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Jangan lupa, memeriksa bagian filter dan selang bensin agar tidak ada sumbatan yang menghambat aliran bahan bakar.

    1. Memeriksa Kelistrikan

    Sistem kelistrikan mobil juga tak kalah penting dengan bagian mesin. Oleh sebabnya, harus dilakukan pemeriksaan secara rutin agar mobil tidak mengalami masalah saat dikendarai.

    Bagian kelistrikan mobil berfungsi sebagai pembangkit komponen-komponen lain seperti starter, lampu, dan multimedia. Bahkan di mobil-mobil keluaran terbaru terutama jenis hibrid, sistem kelistrikan memiliki pengaruh besar pada performa mobil secara keseluruhan. 

    Bagian sistem kelistrikan yang paling vital adalah aki atau baterai. Karena fungsinya sangat penting maka kondisi aki harus dijaga dengan baik. Bersihkan kutub aki dari kerak dan kotoran dan kencangkan baut-bautnya. 

    Dan yang paling penting yaitu memeriksa volume air aki, tambahkan air aki murni jika volumenya menyusut. 

    1. Mengisi Air Radiator dan Air Reservoir

    Anda juga harus mengecek volume air radiator dan reservoir agar tidak sampai kekurangan. Air radiator harus diisi sampai penuh sedangkan air reservoir tidak perlu sampai penuh cukup sampai batas levelnya.

    Selanjutnya, periksa bagian selang radiator dan selang penyambutan di reservoir. Jika ada selang yang retak atau menggelembung sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Jika tidak segera diganti kemungkinan selang akan pecah di tengah perjalanan.

    1. Mengecek Permukaan Ban

    Salah satu penyebab kecelakaan yang biasanya terjadi di jalan tol yaitu karena ban mobil pecah. Kejadian buruk tersebut terjadi karena pengemudi tidak rutin mengecek kondisi ban mobilnya.

    Mengecek ban mobil secara rutin termasuk tips  mengemudi yang wajib Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar kota. Pastikan kondisi permukaan ban tidak gundul dan retak agar layak digunakan untuk perjalanan jauh. 

    Batas masa pakai ban mobil paling lama sekitar 5 tahun jika umur ban mobil Anda sudah lebih dari itu sebaiknya segera diganti. Anda dapat mengecek usia ban dengan melihat tanggal produksi yang ada di bagian sampingnya. 

    Selain mengecek permukaan ban, jangan lupa memeriksa tekanan anginnya juga. Tekanan angin yang terlalu rendah dapat memakan lebih banyak bahan bakar dan meningkatkan risiko ban pecah.