Berita

    Manfaat Menggunakan Cruise Control saat Mengemudi

    Cruise control atau speed control adalah fitur yang umumnya ditemukan pada kendaraan keluaran masa kini.  Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk menjaga kecepatan stabil tanpa harus menekan pedal gas secara terus-menerus. 

    Fitur tersebut tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa meningkatkan pengalaman mengemudi. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan speed control saat mengemudi.

    Ini Dia Fungsi Cruise Control

    Teknologi baru yang satu ini menyelamatkan Anda saat  harus berkendara jarak jauh. Sebab, fungsinya yaitu untuk menjaga kecepatan tetap stabil, tanpa Anda harus menginjak secara terus menerus.

    Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap terkait manfaat speed control pada mobil:

    • Mengurangi Kelelahan Pengemudi

    Saat mengemudi dalam jarak yang panjang di jalan raya, menjaga kecepatan secara manual dengan menekan pedal gas bisa sangat melelahkan. Dengan menggunakan speed control, pengemudi dapat melepas kaki dari pedal gas. Sehingga Anda menjadi lebih fokus pada kemudi dan kondisi jalan. 

    Hal inilah yang membantu mengurangi kelelahan selama perjalanan panjang. Kaki yang biasanya menginjak pedal gas jadi bisa beristirahat.

    • Menghemat Bahan Bakar

    Penggunaan speed control dengan kecepatan stabil dapat membantu menghemat bahan bakar. Fitur ini dirancang untuk menjaga kecepatan yang konsisten. Hal ini tentu saja lebih efisien daripada peningkatan dan penurunan kecepatan yang sering terjadi saat mengemudi tanpa speed control. 

    Apabila tekanan pada pedal gas konstan, maka bahan bakar juga lebih efisien penggunaannya. Terutama untuk Anda yang melakukan perjalanan jarak jauh. 

    • Mengurangi Risiko Pelanggaran Kecepatan

    Salah satu manfaat utama dari cruise control adalah mampu menjaga kecepatan kendaraan pada batas yang ditentukan. Hal ini membantu pengemudi untuk menghindari pelanggaran kecepatan yang dapat mengakibatkan terkena tilang atau bahkan kecelakaan. 

    Dengan mengatur speed control pada batas kecepatan yang aman, pengemudi dapat mengemudi dengan lebih terkendali. Terutama pada saat Anda mengemudi di tol. 

    Cara Menggunakan Fitur Speed Control

    menggunakan cruise control

    Menggunakan fitur speed control pada kendaraan modern dapat sangat berguna untuk menjaga kecepatan yang stabil dan mengurangi kelelahan saat mengemudi di jalan raya yang lurus. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

    • Pacu Kendaraan dengan Kecepatan Tertentu

    Sebelum mengaktifkan fitur ini, lajukan kendaraan Anda dengan kecepatan tertentu. Misalnya saja Anda ingin melaju dengan kecepatan 80 km/jam. Maka lajukan kendaraan Anda dengan kecepatan tersebut.

    • Tekan Tombol

    Setelah itu, Anda bisa menekan tombol speed control yang ada pada mobil. Tombol inilah yang nantinya bisa membantu Anda untuk memastikan kendaraan melaju dengan kecepatan 80 km/jam.

    • Lepas Kaki dari Pijakan

    Anda kemudian bisa melepas pijakan gas setelah mengaktifkan fitur ini. Tenang saja, Anda bisa memantau kecepatan sembari beristirahat. Apabila fitur ini telah aktif, otomatis sensor radar lalu lintas juga aktif.

    Apabila saat itu tiba-tiba lalu lintas padat, maka secara otomatis akan ada perlambatan pada mobil. Namun jika kondisi jalan sudah lengang, maka kecepatan akan kembali seperti semula.

    Sebelum menggunakan speed control, pastikan untuk memahami bagaimana cara mengaktifkannya dan kapan sebaiknya menggunakannya. Dengan demikian, Anda dapat menikmati manfaatnya secara maksimal tanpa mengorbankan keselamatan atau kenyamanan dalam perjalanan Anda.