KILAS BALIK SUZUKI INDONESIA 2020: TETAP PACU KINERJA MESKI PANDEMI MELANDA
Jakarta, 4 Maret 2021 – Tahun 2020 Suzuki Indonesia telah genap 50 tahun berkontribusi untuk industri otomotif nasional. Meski di tahun 2020 industri otomotif mengalami penurunan performa akibat pandemi Covid-19, Suzuki terus berupaya menghadirkan produk-produk berkualitas serta layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Berikut adalah pencapaian Suzuki Indonesia selama tahun 2020:
Pangsa Pasar Mobil Suzuki Meningkat
Dengan wholesales sebanyak 66.130 unit, Suzuki berhasil mencatatkan peningkatan pangsa pasar sebesar 2,7% sehingga menjadi 12,4%. Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 72.389 unit sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,66% menjadi 12,5%. Meskipun di tahun 2020 performa industri otomotif melandai 46,6% karena terdampak pandemi Covid-19, Suzuki berhasil mempertahankan posisi sebagai APM yang dipercaya dan dipilih konsumen.
Kontribusi terbesar penjualan Suzuki di tahun 2020 didominasi produk yang dirakit secara lokal dan mencapai hingga 91% dari total penjualan nasional Suzuki. Kontributor terbesar yaitu New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit. Angka ini berhasil membawa New Carry Pick Up menguasai 59,5% pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61% pangsa pasar retail sales Low Pick Up.
Kontribusi penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbang dari produk andalan lainnya, yaitu XL7 dan All New Ertiga. XL7 menyumbang 12% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales. XL7 sendiri menguasai 12,1% pangsa pasar wholesales MSUV dan 9,6% pangsa pasar retail sales MSUV. Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi 13,3% dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen LMPV, All New Ertiga menguasai 9% pangsa pasar wholesales dan 10,6% pangsa pasar retail sales.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.