Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab & Cara Memperbaiki Tape Mobil Yang Mati

    Tape merupakan alat hiburan yang penting dalam mobil. Ia berfungsi sebagai media untuk mendengarkan audio seperti radio atau musik. Dengan begitu, Anda dapat menghilangkan rasa penat ketika mengendarai mobil.

    Tape mobil yang tiba-tiba tidak dapat membaca USB sungguh meresahkan, apalagi ketika ia tersendat, tidak mampu mengeluarkan suara, dan mati. Anda tidak dapat menikmati hiburan lagi. Jika begini, Anda sebaiknya lekas menemukan penyebabnya sebelum memperbaikinya.

    Penyebab tape mati bermacam-macam, bisa saja karena faktor kelistrikan, pemakaian, atau yang lainnya. Tentang penanganannya, tape mati harus diperbaiki dengan teliti sebab komponennya terletak di bagian dalam.

    Maka untuk mengawali pembahasan artikel kali ini, ketahuilah penyebab tape mati terlebih dahulu.

    Penyebab Tape Mobil Mati

    Tape pada mobil tersusun atas sejumlah pemasangan komponen dan kelistrikan yang menyokong fitur satu dengan lainnya. Jikalau terdapat kerusakan pada salah satu komponen atau kelistrikannya, maka ia akan berpengaruh pada yang lain. 

    Maka dari itu, di bawah ini merupakan penjelasan mengenai penyebabnya.

    • Sistem audio tertempel debu

    Debu bukanlah hal sepele yang patut untuk diacuhkan. Debu yang menumpuk lambat laun dapat masuk pada komponen audio tape pada mobil Anda. Setelah masuk, maka dampaknya yaitu berkurangnya kualitas suara sehingga berbunyi kresek.

    Tidak hanya itu, suara bisa juga menjadi lebih kecil dan tidak bisa terdengar jelas. 

    Apabila dibiarkan dalam waktu lama, debu semakin melekat pada komponen-komponen krusial contohnya yakni speaker, kabel, hingga power unit. Jika sudah pada bagian yang terakhir disebut, maka tape akan mati.

    • Sistem pemasangan yang salah

    Pernahkah Anda memodifikasi atau menambahkan komponen di audio dan speaker pada tape mobil Anda? Jika iya, kemungkinan bisa jadi ada ketidaktepatan sewaktu instalasi yang dapat menyebabkan tape mati.

    Ketidaktepatan tersebut contohnya yaitu meletakkan beberapa kabel kelistrikan yang tidak cocok atau penginstalan komponen sekunder tidak pas. Dampaknya, tape pada mobil Anda menjadi rusak.

    • Cara pemakaian yang sembrono

    Perlakuan kurang tepat dapat menyebabkan tape mobil jadi rusak. Misalnya, Anda mematikan dan menyalakan tape dengan memaksa di luar tata cara yang ada. 

    Akibatnya, hal ini menyebabkan komponen audio cepat usang karena menerima pasokan listrik yang lebih dari standarnya.