Berita

    Ketahui Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Solusinya.

    Blower AC mobil menjadi satu di antara komponen penting pada sistem pendingin. Bentuknya seperti kipas, yang kemudian bisa menyebarkan udara dingin dari evaporator. 

    Maka dari itu, sistem pendingin pada mobil sangat butuh komponen yang satu ini. Apalagi ketika suhu udara sedang sangat panas, dan AC tidak cukup membantu mendinginkan mobil.

    Ini Dia Penyebab Blower AC Mobil Mati

    Jadi masalah apabila blower pada mobil mati. Anda bisa kepanasan karena kinerja dari AC mobil terganggu.

    Untuk itu, penting mencari tahu penyebab blower mati. Berikut ini penjelasan singkatnyaā€¯

            1. Rusaknya Relay Blower 

    Relay adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai pemisah pemakaian listrik dengan daya tinggi dan juga rendah. Supaya bisa mencegah adanya kerusakan pada saklar, karena sering menjadi jalan lewat arus listrik daya tinggi.

    Tentu saja apabila relay ini mengalami kerusakan, maka arus listriknya terputus. Blower pun tidak akan bisa berputar tanpa aliran listrik.

            2. Putusnya Resistor Blower

    Kedua, ada komponen bernama resistor blower yang merupakan susunan tahanan listrik. Komponen yang satu ini dapat mempengaruhi putaran blower. Seperti kecepatan putaran.

    Cara kerjanya yaitu, listrik akan menuju ke resistor kemudian lanjut ke blower. Apabila resistor ini putus, maka bisa dipastikan aliran listriknya juga terhambat. Makanya blower jadi tidak bisa berputar.

            3. Kerusakan pada Motor Blower

    Penyebab blower AC mobil mati yang ketiga adalah kerusakan pada motor blower. Apa itu?

    Motor blower atau dinamo merupakan penggerak yang berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi putar. Dua hal penting yang rawan mengalami kerusakan adalah kumparan dan carbon crush. 

    Nah apabila bagian dinamo ini rusak, otomatis energi listrik jadi tidak bisa berubah menjadi energi putar. Tentu saja hal ini membuat blower mati.

    Anda bisa memeriksa bagian pada dinamo yang mengalami kerusakan. Biasanya Anda hanya akan mengganti brushnya. Tapi tidak menutup kemungkinan keseluruhan komponen pada dinamo bisa diganti.

            4. Kerusakan Saklar

    Blowe AC mobil memiliki saklar untuk menghidupkan dan mematikan blower. Saklar ini biasanya memiliki beberapa tingkatan yang mempengaruhi kecepatan kipas. 

    Ketika Anda akan menghidupkan blower, maka perlu memutar saklar tersebut. Apabila setelah diputar ternyata blower tidak hidup, bisa jadi ada kerusakan pada komponen ini.