Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi & Tanda Kerusakan pada Engine Mounting.

    Ada banyak sekali komponen dalam sebuah mobil, salah satunya engine mounting. Komponen ini merupakan komponen yang punya fungsi penting bagi mobil dan akan membantu memberikan kenyamanan sekaligus keamanan selama berkendara. Agar Anda memahami lebih lanjut tentang fungsi komponen mobil ini, simak penjelasannya dalam artikel berikut:

    Fungsi Engine Mounting

    Komponen ini diletakkan di bagian bawah mesin mobil. Materialnya terbuat dari bahan logam dan karet. Karet ini digunakan agar bagian logam masih selalu berada di bagian sasis dan tidak bergesekan langsung. 

    Selain terbuat dari logam dan karet, komponen ini juga biasanya memiliki cairan di bagian dalamnya. Cairan tersebut akan difungsikan sebagai peredam kejut sehingga mobil bisa melaju lebih smooth

    Bagi sebuah mobil, komponen satu ini memegang fungsi atau peran yang begitu penting. Fungsi engine mounting adalah menahan getaran yang ada di bagian mesin mobil. Selain itu komponen ini juga akan berfungsi sebagai dudukan pada mesin.

    Adanya komponen ini membuat getaran mesin jadi lebih mudah untuk dikendalikan. Saat mesin bekerja, getaran yang ditimbulkan tidak akan terlalu kencang dan tidak akan masuk ke bagian kabin mobil. 

    Mengingat fungsinya yang sangat penting ini, maka Anda harus bisa merawatnya dengan baik. Kenali apa saja tanda-tanda kerusakan pada jenis komponen ini supaya bisa langsung mengambil tindakan jika memang ada masalah atau kerusakan. 

    Tanda Kerusakan

    Sebenarnya setiap jenis komponen mobil bisa saja mengalami kerusakan. Selain itu kerusakan tersebut pasti disertai tanda-tanda atau gejala-gejala. Berikut adalah beberapa ciri engine mounting rusak yang harus Anda waspadai:

    • Posisi Mesin Miring

    Ini merupakan salah satu tanda paling umum yang menunjukkan bahwa ada hal yang tidak normal pada komponen tadi. Biasanya Anda akan melihat posisi mesin mobil jadi lebih miring atau turun. 

    Namun harus diketahui bahwa tanda ini hanya berlaku bagi tipe mobil yang komponen engine mounting ini terletak di bagian atas. Kalau letaknya di bagian bawah maka akan lebih sulit untuk dideteksi. 

    • Mesin Bergetar dan Menghentak

    Tanda lain yang menunjukkan adanya kerusakan pada komponen ini adalah mesin yang bergetar dan menghentak. Biasanya Anda akan merasakan mesin menghentak ketika baru pertama kali dinyalakan.