Berita

    Ketahui Cara Cek Dinamo Ampere Mobil yang Bisa Dicoba di Rumah

    Apakah dinamo ampere mobil yang Anda miliki pernah mengalami masalah? Sebelum memperbaikinya sendiri, tidak ada salahnya Anda cek dinamo ampere mobil sendiri. Umumnya, dinamo ampere ini di cek secara berkala di bengkel resmi agar mengantisipasi kerusakan. 

    Selain dicek di bengkel, ternyata dinamo ampere juga bisa dicek sendiri. Lantas, bagaimana cara melakukan pengecekan komponen ini? 

    Cara Cek Dinamo Ampere Mobil

    Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek dinamo ampere, antara lain:

            1. Melakukan Uji Kemagnetan

    Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengecek dinamo ampere kendaraan adalah menguji kemagnetan. Anda dapat menguji kemagnetan di pulley serta bodi dinamo. Proses pengujian ini dilakukan agar bisa mengetahui apakah terdapat kabel terputus serta untuk mengecek rotor serta stator. 

    Cara melakukan uji kemagnetan ini sebenarnya mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kunci pas. Kemudian, buka di kap mesin serta putar kunci kontak diposisi on. Bila kunci pas tertarik ketika ditempelkan, hal ini membuktikan jika daya magnet dinamo masih berfungsi dengan maksimal. 

    Bila tidak tertarik, besar kemungkinan kabel kumparan yang dimiliki dinamo terputus atau bagian carbon brush yang dimilikinya telah habis. Oleh sebab itu, cek di stator coil, apakah bagian tersebut masih mempunyai daya magnet atau tidak. 

            2. Cek Tegangan Serta Arus

    Cara cek dinamo ampere mobil yang lainnya adalah mengecek tegangan dan arus. Anda dapat melakukan pengecekan tegangan serta arus dengan menggunakan kunci pas. Pengecekan ini bertujuan agar bisa mengetahui sistem IC regulator, apakah bagian tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.

    Anda hanya perlu membuka kap mesin, kemudian menyalakan mobil terlebih dulu sehingga arus listrik bisa terdeteksi dengan optimal. Kemudian, kendorkan baut aki, khususnya di bagian terminal positif, kemudian lepas kabel terminal aki.

    Bila mobil mendadak mati, dapat disimpulkan bila dinamo ampere sudah mengalami kerusakan. Tetapi, jika masih menyala, hal ini membuktikan jika dinamo ampere berada dalam kondisi prima.

    Sebisa mungkin, hindari melakukan pengetesan ini berulang karena  bisa membuat IC bagian regulator mengalami kerusakan, selain itu hati-hati saat melakukan pengetesan. 

    Ciri Dinamo Ampere Mengalami Kerusakan

    Setelah mengetahui cara mengecek dinamo ampere, berikutnya adalah mengetahui ciri dinamo ampere ini lemah dan harus diganti. Berikut sejumlah cirinya, antara lain:

    • Intensitas cahaya lampu mobil redup atau berkurang
    • Lampu indikator yang berada di bagian dashboard menyala, padahal aki mobil masih dalam keadaan normal
    • Suplai energi listrik di aki menjadi tidak maksimal
    • Muncul bunyi decitan di bagian mesin ketika mobil menyala
    • Mobil tiba-tiba mogok
    • Aki menjadi jauh lebih boros serta mudah tekor
    • Muncul bau karet terbakar yang berasal dari mesin mobil. 

    Langkah Memperbaiki Kerusakan Dinamo Ampere