Berita

    Kenali Komponen Kaki Mobil & Biaya Servisnya

    Kaki mobil merupakan komponen penting yang sebaiknya Anda perhatikan kondisinya. Jika tidak, maka Anda bisa merasakan ketidaknyamanan saat berkendara. Contohnya seperti timbul bunyi, muncul getaran tidak wajar, dan kendala lainnya.

    Nah, apakah Anda pernah merasa tidak nyaman karena kendala-kendala tersebut? Jika iya, maka sebaiknya segera servis komponen kaki kendaraan Anda. Namun sebelum itu, kenali terlebih dahulu apa saja komponen-komponen tersebut beserta biaya servisnya!

    Komponen-Komponen Kaki Mobil

    Seperti sebutannya, komponen ini merupakan kesatuan sistem penggerak yang terletak pada bagian bawah mobil. Ini adalah bagian yang memeroleh tumpuan terbesar, dengan begitu, terdapat sejumlah komponen krusial yang wajib dijaga supaya kondisinya tetap baik.

    Maka dari itu, mari kenali komponen-komponen yang tersedia dalam kaki kendaraan atau mobil!

    • Ball Joint

    Komponen ini berperan sebagai sumbu dan pengikat lower arm saat mobil hendak berbelok. Dengan begitu, mobil bisa konsisten seimbang dan stabil. Selain itu, ball joint pun berguna sebagai penghubung arm atau sayap dengan knuckle roda.

    Untuk mengecek keadaan komponen ini, cukup dongkrak mobil, kemudian tekanlah ban ke bawah dan atas. Apabila mendapati bunyi gesekan maupun ban naik-turun disertai interval yang lama, maka dapat dipastikan bahwa bagian itu bermasalah.

    • Shockbreaker

    Bagian kaki mobil ini bertugas sebagai peredam guncangan ketika mobil tengah melaju pada lintasan menanjak, tidak rata, atau berlubang. Bahannya sendiri adalah baja tahan karat dan pastinya disertai pegas guna menopang muatan dan berat mobil.

    Untuk mengetahui keadaan komponen ini. cukup perhatikan bisingan ketika mobil dipacu menggunakan kecepatan tinggi pada jalanan lurus. Apabila mendapati limbung, sebaiknya segera lakukan kontrol pada bengkel servis mobil.

    • Bushing Arm

    Ini merupakan selongsong besi berpenyokong karet. Tugasnya yaitu menjadi titik tumpuan roda serta lengan pencengkeramnya. Selain itu, bushing arm pun berguna sebagai peredam getaran yang berlangsung dalam sambungan komponen suspensi.

    Jika komponen ini rusak, umumnya akan menimbulkan ketidaknyamanan ketika Anda berkendara. Begitupun dengan arah laju, bisa saja mendadak melenceng ke kiri dan ke kanan walaupun Anda tidak menyentuh setir. 

    • Bushing Stabilizer