Berita

    Wajib Tahu! Ini Dia Jenis-jenis Oli Mobil dan Fungsinya

    Meski masih banyak orang yang belum mengetahui, namun ternyata ada berbagai jenis oli mobil yang mendukung kinerja mobil secara keseluruhan. Umumnya, jenis oli yang diketahui hanya oli mesin dan oli transmisi.

    Supaya dapat mengenal berbagai jenis oli untuk mobil, simak artikel ini hingga tuntas! Ketahui juga masing-masing fungsi pentingnya untuk mendukung kinerja kendaraan.

    Jenis Oli Mobil

    Oli merupakan komponen penting dalam mobil yang berfungsi sebagai pelumas, sehingga komponen mobil lainnya dapat menjalankan fungsinya dengan mulus dan optimal.

    Selain oli mesin dan oli transmisi yang umum dikenal masyarakat, masih ada beberapa jenis oli lain yang juga memainkan peran penting dalam kinerja mobil sesuai dengan tipenya.

    Berikut merupakan macam-macam oli mobil beserta fungsi pentingnya yang perlu Anda ketahui.

    • Oli Mesin

    Pertama, ada oli mesin. Fungsi dari oli ini yaitu untuk melumasi berbagai komponen yang berada pada mesin mobil.

    Oli mesin memiliki beberapa jenis, yaitu oli mineral, oli full sintetik, dan oli sintetik. Pembagian tersebut dilihat dari bahan pembuatnya, misalnya oli mineral yang dibuat dari minyak bumi.

    Selanjutnya, oli full sintetik merupakan oli yang dikembangkan sesuai karakter mobil. Ketiga, ada oli semi sintetik yang merupakan kombinasi dari oli mineral dan full sintetik.

    Jenis oli mesin mobil bensin yang pertama ini biasanya perlu diganti setiap mobil telah menempuh jarak 5 ribu hingga 10 ribu kilometer. Namun, faktor lainnya juga dapat berpengaruh terhadap kebutuhan penggantian, misalnya pola pemakaian.

    Istockphoto
    • Oli Transmisi

    Oli selanjutnya yang umum diketahui yaitu oli transmisi, yang diperlukan untuk mobil dengan transmisi manual dan matic.

    Jenis oli transmisi matic dan manual ini diperlukan untuk melancarkan pergantian gigi dan mendukung komponen transmisi mobil.

    Dengan pemakaian oli ini, maka komponen transmisi dapat menjalankan fungsi dengan optimal dan masa pakainya lebih terjaga.

    Biasanya, penggantian dari jenis oli transmisi manual dan matic ini lebih lama dibandingkan oli mesin yang sebelumnya dibahas.

    • Oli Rem atau Minyak Rem

    Jika Anda pernah mendengar istilah minyak rem, maka itu artinya Anda telah mengetahui jenis oli yang satu ini. Oli rem atau yang juga dengan minyak rem merupakan pelumas yang berfungsi untuk membantu kelancaran sistem pengereman.