Berita

    Featured Image

    Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Efektif

    Kenyamanan dalam berkendara sangat dipengaruhi oleh kondisi kebersihan di dalam mobil. Itulah mengapa Anda harus memastikan mobil selalu dalam keadaan bersih. Salah satu caranya dengan membersihkan plafon mobil secara rutin. 

    Plafon merupakan bagian atap yang ada di interior sebuah mobil. Jika Anda membersihkan mobil maka pastikan untuk tidak hanya menjangkau bagian jok, dashboard, pintu, dan lantai, namun juga bersihkan area plafon.

    Membersihkan Plafon Mobil

    Jika plafon mobil Anda dalam kondisi bersih, pastinya Anda akan jauh lebih nyaman berada di dalam mobil. Berikut ini ada beberapa cara membersihkan bagian plafon mobil yang dapat Anda praktikkan langsung. 

    • Lap dengan Kain Microfiber

    Anda bisa mengelap bagian langit-langit atau plafon mobil memakai kain microfiber. Ini merupakan jenis kain yang sangat lembut dan bisa mengangkat debu maupun kotoran secara efektif. 

    Sebaiknya jangan gunakan lap microfiber ini dalam kondisi basah. Pastikan lap tersebut selalu dalam kondisi kering agar bisa menyeka permukaan plafon secara efektif. 

    Lakukan proses ini secara berulang kali dan gerakannya cukup satu arah saja. Anda bisa mengulangi prosesnya sampai bagian plafon terlihat bersih dan bebas dari debu. 

    • Gunakan Cairan Pembersih Khusus

    Membersihkan plafon mobil bisa jadi lebih mudah dan hasilnya lebih efektif jika Anda menggunakan cairan pembersih khusus. Cairan ini biasanya juga bisa dipakai untuk membersihkan area jok maupun bagian interior mobil yang lain. 

    Semprotkan cairan pembersih ini ke bagian plafon secukupnya saja. Setelah itu Anda bisa menyeka bagian plafon yang sudah diberi cairan pembersih tadi secara perlahan. 

    Namun pastikan Anda memilih produk cairan pembersih yang tepat. Jangan sampai salah pilih produk dan malah merusak lapisan permukaan plafon mobil Anda. 

    Selain itu Anda juga harus menggunakan cairan pembersih tersebut sesuai aturan pemakaian. Tujuannya agar nanti hasil yang diberikan bisa lebih efektif dan tidak muncul kerusakan pada permukaan plafon mobil Anda. 

    • Gunakan Bahan Alami

    Selain memakai cairan pembersih khusus, Anda juga bisa mengandalkan bahan alami untuk membersihkan area plafon mobil. Cukup gunakan larutan air dan cuka saja sebagai bahan pembersih. 

    Campuran air dan cuka ternyata bisa bekerja efektif menghilangkan debu dan minyak yang menempel di permukaan plafon mobil. Anda bisa membuat campuran dengan perbandingan 3:1 dimana air lebih banyak daripada cuka. 

    Cairan pembersih alami seperti ini justru jauh lebih aman untuk digunakan. Campuran air dan cuka tidak akan merusak lem yang dipakai untuk merekatkan bagian-bagian plafon. 

    Selain itu, campuran air dan cuka juga terbukti efektif untuk menghilangkan noda. Jika ada noda di plafon mobil Anda, maka bahan pembersih alami ini bisa jadi solusi yang tepat untuk digunakan. 

    • Gunakan Pengharum

    Membersihkan plafon mobil tidak cukup hanya dengan mengelapnya saja. Selain membersihkan permukaan plafon dari tumpukan debu, Anda juga perlu menghilangkan bau apek yang menempel di sana. 

    Cobalah untuk memakai pengharum agar area plafon tidak bau lagi. Langkah ini bisa menyempurnakan proses pembersihan plafon mobil Anda. Selain itu, langkah ini juga akan membuat kabin mobil Anda jadi lebih harum. 

    Pilih pengharum yang aromanya sesuai dengan selera Anda. Lebih baik gunakan secukupnya saja, jangan berlebihan karena aroma yang terlalu menyengat dan berlebihan bisa mengganggu kenyamanan selama berkendara.